Monday, January 13, 2020

PENERAPAN SISTEM MODUL DALAM PEMBELAJARAN




 Pengertian Modul
Modul dirumuskan sebagai salah satu unit yang lengkap yang berdiri sendiri, terdiri dari rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu para siswa dalam mencapai sejumlah tujuan belajar yang telah dirumuskan secara spesifik dan operasional.
 Pengertian Sistem Modul
Sistem modul adalah bentuk pengajaran yang bersifat individual, dan masih termasuk pada klasifikasi metode pengajaran yang bersifat inkonvensional, dimana siswa dapat belajar tanpa kehadiran guru atau tidak melalui tatap muka secara langsung.
 Prinsip-prinsip Pembelajaran Modul
A. Prinsip Fleksibilitas
B. Prinsip Balikan (Feedback)
C. Prinsip Penguasaan tuntas (Mastery Learning)
D. Prinsip Remedial
E. prinsip Motivasi dan Kerja Sama
F. Prinsip Pengayaan
 Penerapan Sistem Modul Dalam pembelajaran Secara Umum
Modul yang dikembangkan di Indonesia melalui PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan) berbentuk buku kecil (Booklet) sesuai dengan komponen-komponen modul, buku modul inilah yang dipelajari murid secara individual menurut kecepatan masing-masing.
Langkah-langkah yang dilalui murid pada waktu belajar dengan modul adalah sebagai berikut:
1. Mempelajari lembar kegiatan siswa
2. Mengerjakan tugas-tugas yang dikerjakan murid dalam lembaran kerja bisa bermacam-macam. Mungkin membaca suatu bab dari buku sumber, mengadakan percobaan-percobaan atau mengerjakan soal
3. Mencocokan dengan kunci lembaran kerja
4. Mengerjakan lembaran tes
5. Mencocokan hasil tes dengan kunci lembaran tes
Pelaksanaan Evaluasi Pada Pendidikan Agama Islam
 Pengertian
Evaluasi ialah alat untuk mengukur sampai dimana penguasaan murid terhadap bahan pendidikan yang telah diberikan. Sedangkan evaluasi Pendidikan Agama ialah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu pekerjaan didalam Pendidikan Agama.
 Perencanaan evaluasi pendidikan agama islam
A. perumusan tujuan
B. pencatatan tingkah laku
C. kesinambungan penilain dan menyeluruh
D. mutu alat penilaian
E. kesesuaian antara aspek hasil belajar dan alat evaluasi
 alat evaluasi
1. test
uraian (esay test), objektif test
2. non test
observasi ,questionnaire, interview, unjuk kerja (performance),penugasan, hasil kerja ,tertulis, portofolio, sikap, diri (self assessment).











0 comments:

Post a Comment

Blogroll

loading...
 

Catatanku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang