Keunggulan
media kartu angka sebagai media visual menurut Sadiman, dkk (2006: 29) yaitu
sebagai berikut :
1)
Sifatnya konkret, lebih realitstis menunjukkan pokok masalah
dibandingkan media verbal semata.
2)
Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda, objek atau
peristiwa dapat dibawa ke kelas dan tidak selalu bisa anak-anak dibawa ke objek
atau peristiwa tersebut. Media kartu angka dapat mengatasi hal tersebut.
3)
Dapat mengatasi keterbasan pengamatan kita.
4)
Harganya murah dan mudah didapatkan atau dibuat tanpa memerlukan
peralatan khusus.
Menurut Zaman, dkk (2005: 49) pemanfaatan
media pembelajaran memiliki keunggulan sebagai berikut:
1)
Memungkinkan anak berinteraksi secara langsung.
2)
Memungkinkan adanya keseragaman pengamatan pada masing-masing anak.
3)
Membangkitkan motivasi belajar anak.
4)
Menyajikan informasi belajar secara konsisten dan dapat diulang maupun
disimpan menurut kebutuhan.
5)
Menyajikan pesan atau informasi belajar secara serempak bagi seluruh
anak.
6)
Mengatasi keterbatasan waktu dan ruang.
7)
Mengontrol arah dan kecepatan belajar anak.
Dari beberapa pendapat di atas dapat
disimpulkan bahwa media kartu angka memiliki keunggulan yang dapat digunakan
dalam pembelajaran mengenal bilangan di Taman Kanak-Kanak. Keunggulan tersebut
diantaranya mudah dibuat, murah, lebih realistis, mengatasi keterbatasan waktu
dan ruang, dan memungkinkan anak berinteraksi dengan kartu angka.
0 comments:
Post a Comment