Monday, July 13, 2020

RPP MATEMATIKA KELAS X/1 Materi Eksponen dan Logaritma


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah      : SMA
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas/Semester    : X / I
Materi Pokok       : Eksponen dan Logaritma
Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit

A.      Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
Indikator :
-      menemukan sifat-sifat pangkat bulat positif
-      menyelesaikan masalah dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif
4.1. Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
Indikator :
-      terampil menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat/eksponen

C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan model discovery learning dalam pembelajaran eksponen dan logaritma diharapkan siswa bisa bekerjasama, konsisten dan disiplin , serta siswa dapat
1.     menemukan sifat-sifat pangkat bulat positif
2.     menyelesaikan masalah dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif
3.     terampil menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat/eksponen

D.      Materi Pembelajaran

1.      Bentuk  pangkat
Pangkat bulat positif
Bentuk pangkat an = a x a x a x…x a

       n faktor perkalian
2.      Pangkat bulat negatif
Pada pangkat bulat negatif berlaku :
    dan      
3.      Pangkat nol

4.      Sifat – sifat
a.      ap x aq  =  ap+q
b.      ap : aq  =  a p-q , a ≠ 0
c.       (ap)q = apq
d.       (ab)p  =  ap . bp
e.       (  ) p  = 






E.      Metode Pembelajaran
Model : Discovery Learning
Metode :  diskusi kelompok, penemuan terbimbing, tanya jawab.

F.       Media Pembelajaran
LKS, kertas
G.     Sumber Belajar
Buku Siswa Kemendikbud, 2013

H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.    Guru memberikan apersepsi tentang konsep bilangan pangkat.
2.    Guru memberikan motivasi tentang kegunaan ekponen dan logaritma dalam kehidupan sehari-hari
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Tahap Stimulation
4.        Guru memberikan stimulan/rangsangan berupa soal yang sekiranya sulit dikerjakan langsung oleh siswa, sehingga siswa akan penasaran bagaimana cara menyelesaikannya (misalkan berapakah jumlah dari digit-digit dari 22014. 52010)

10 menit
Inti

Tahap Problem statement
1.    Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 anggota.
2.    Guru membagikan LKS (terlampir) untuk didiskusikan oleh siswa.
3.    Dengan aktif siswa mencermati dan mengamati Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan guru dan berpikir bagaimana cara menyelesaikannya .
4.    Siswa dengan bekerja sama dalam 1 kelompok berusaha untuk menyelesaikan kegiatan yang ada pada LKS.



Tahap Data collection

5.    Siswa berdiskusi mengumpulkan data-data  yang ada di LKS (dengan menyelesaikannya) yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat bulat positif

Tahap Data Processing
6.    Dengan berdiskusi  siswa mengolah data (dengan menyelesaikan LKS) yang diperoleh.
7.    Siswa kemudian sebagai membuat hipotesis (dugaan)  tentang  sifat-sifat pangkat bulat positif

Tahap Verification

8.    Siswa mengecek (memverifikasi) hipotesis tentang sifat-sifat pangkat bulat positif , dengan mencobakan beberapa masalah dengan membandingkan hasilnya dengan cara sifat dan dengan cara menghitung nilai sebenarnya tanpa sifat.
9.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya ke depan kelas
10. Guru bersama siswa mendiskusikan  hasil dari presentasi siswa.
11. Guru memberikan soal yang terkait dengan Sifat-sifat pangkat (Buku siswa, Uji Kompetensi 1.1  No 1 sampai 2 hal 16)
12. Guru memberikan soal untuk dikerjakan siswa dan dikumpulkan




15 menit
















10 menit





20 menit










25 menit


Penutup

Tahap Generalization
13.   Siswa bersama guru menyimpulkan tentang Sifat-sifat pangkat bulat positif.
14. Guru memberikan PR untuk dikerjakan di rumah sebagai latihan mandiri.(Uji Kompetensi 1.1 pada Buku Siswa Halaman 16 – 17, No 3 – 12)
15. Guru menginformasikan kegiatan pada pertemuan berikutnya.
16. Guru mengakhiri kegiatan belajar


10 menit

I.        Penilaian
1.     Teknik penilaian : pengamatan, tes tertulis
2.     Prosedur Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.      Bekerjasama dalam kegiatan diskusi
b.      Konsisten dalam melakukan sesuatu
c.       Disiplin dalam kegiatan pembelajaran eksponen

Pengamatan

Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
1.     menemukan sifat-sifat pangkat bulat positif
2.     menyelesaikan masalah dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif

Tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
1.    Terampil menggunakan sifat-sifat pangkat untuk menyelesaikan masalah eksponen.

Tes dan Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

3.     Intrumen Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis
1.      Sederhanakan

Kunci Jawaban dan Penskoran:
  =   …………………………………. Skor 2
=   ………………………………….. skor 4
=     ……… …………………… skor 6
=  
= ……………………..…… skor 8
=
=
=
=  ………………………………….. skor 10

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

loading...
 

Catatanku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang