RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / I
Materi
Pokok : Eksponen dan Logaritma
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong
royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian
2.2
Mampu mentransformasi diri
dalam berperilaku jujur,
tangguh mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengan karakteristik permasalahan yang
akan diselesaikan dan
memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
Indikator :
- menemukan
sifat-sifat pangkat bulat positif
- menyelesaikan
masalah dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif
4.1.
Menyajikan
masalah nyata menggunakan
operasi aljabar berupa
eksponen dan logaritma
serta menyelesaikannya menggunakan
sifat-
sifat dan aturan yang telah
terbukti kebenarannya.
Indikator :
- terampil
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat/eksponen
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan model
discovery learning dalam pembelajaran eksponen dan logaritma diharapkan siswa bisa
bekerjasama, konsisten dan disiplin , serta siswa dapat
1. menemukan
sifat-sifat pangkat bulat positif
2.
menyelesaikan
masalah dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif
3.
terampil
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat/eksponen
D.
Materi
Pembelajaran
1. Bentuk pangkat
Pangkat
bulat positif
Bentuk
pangkat an = a x a x a x…x a
n
faktor perkalian
2. Pangkat
bulat negatif
Pada
pangkat bulat negatif berlaku :
dan
3. Pangkat nol
4. Sifat –
sifat
a.
ap x aq = ap+q
b.
ap : aq = a p-q
, a ≠ 0
c.
(ap)q
= apq
d.
(ab)p = ap
. bp
e.
( ) p =
E.
Metode
Pembelajaran
Model : Discovery Learning
Metode : diskusi kelompok, penemuan terbimbing, tanya
jawab.
F.
Media
Pembelajaran
LKS, kertas
G.
Sumber
Belajar
Buku Siswa Kemendikbud, 2013
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan apersepsi
tentang konsep bilangan pangkat.
2.
Guru memberikan motivasi
tentang kegunaan ekponen dan logaritma dalam kehidupan sehari-hari
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
Tahap Stimulation
4.
Guru memberikan stimulan/rangsangan
berupa soal yang sekiranya sulit dikerjakan langsung oleh siswa, sehingga
siswa akan penasaran bagaimana cara menyelesaikannya (misalkan berapakah
jumlah dari digit-digit dari 22014. 52010)
|
10 menit
|
Inti
|
Tahap Problem statement
1.
Guru membagi kelas dalam
beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 anggota.
2.
Guru membagikan LKS (terlampir)
untuk didiskusikan oleh siswa.
3.
Dengan aktif siswa mencermati dan mengamati Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan guru dan berpikir bagaimana cara
menyelesaikannya
.
4.
Siswa dengan bekerja sama dalam
1 kelompok berusaha untuk menyelesaikan kegiatan yang ada pada LKS.
Tahap Data collection
5.
Siswa berdiskusi mengumpulkan
data-data yang ada di LKS (dengan
menyelesaikannya) yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat bulat positif
Tahap Data
Processing
6.
Dengan berdiskusi siswa mengolah data (dengan menyelesaikan
LKS) yang diperoleh.
7.
Siswa kemudian sebagai membuat
hipotesis (dugaan) tentang sifat-sifat pangkat bulat positif
Tahap
Verification
8.
Siswa mengecek (memverifikasi)
hipotesis tentang sifat-sifat pangkat bulat positif , dengan mencobakan
beberapa masalah dengan membandingkan hasilnya dengan cara sifat dan dengan
cara menghitung nilai sebenarnya tanpa sifat.
9.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya ke depan kelas
10. Guru
bersama siswa mendiskusikan hasil dari
presentasi siswa.
11. Guru
memberikan soal yang terkait dengan Sifat-sifat pangkat (Buku siswa, Uji
Kompetensi 1.1 No 1 sampai 2 hal 16)
12. Guru
memberikan soal untuk dikerjakan siswa dan dikumpulkan
|
15 menit
10 menit
20 menit
25 menit
|
Penutup
|
Tahap Generalization
13.
Siswa bersama guru menyimpulkan
tentang Sifat-sifat pangkat bulat positif.
14. Guru
memberikan PR untuk dikerjakan di rumah sebagai latihan mandiri.(Uji
Kompetensi 1.1 pada Buku Siswa Halaman 16 – 17, No 3 – 12)
15. Guru
menginformasikan kegiatan pada pertemuan berikutnya.
16. Guru
mengakhiri kegiatan belajar
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1. Teknik
penilaian : pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur
Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Bekerjasama dalam kegiatan diskusi
b.
Konsisten dalam melakukan sesuatu
c. Disiplin dalam kegiatan pembelajaran eksponen
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
1. menemukan
sifat-sifat pangkat bulat positif
2. menyelesaikan masalah dengan menggunakan
sifat-sifat pangkat bulat positif
|
Tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
1. Terampil
menggunakan sifat-sifat pangkat untuk menyelesaikan masalah eksponen.
|
Tes dan Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
3. Intrumen
Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis
1.
Sederhanakan
Kunci
Jawaban dan Penskoran:
= …………………………………. Skor 2
= ………………………………….. skor 4
= ……… …………………… skor 6
=
=
……………………..…… skor 8
=
=
=
=
………………………………….. skor 10
0 comments:
Post a Comment