Monday, July 13, 2020

RPP MATEMATIKA KELAS X/1 MATERI EKSPONEN BULAT POSITIF, NEGATIF DAN NOL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas/Semester           : X/1
Mata Pelajaran           : Matematika
Materi Pokok              : Eksponen bulat positif, negatif dan nol
Alokasi Waktu            : 2. x 45 menit (1 kali pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
K1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai  cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
K4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai  kaidah keilmuan
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD 1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KD 2.2   Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
KD 3.1Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
INDIKATOR
3.1.1  Menyatakan arti an, n bulat positif
3.1.2  Menyatakan arti an, n bulat negatif dan 0
3.1.3  menyatakan nilai bilangan dalam  bentuk pangkat (eksponen)

KD 4.1 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yangtelah terbukti kebenarannya.
INDIKATOR
4.1.1 Menggunakan bilangan berpangkat untuk menentukan menentukan waktu paro suatu zat radioaktif Menggunakan pola bilangan persegi  dalam menyelesaikan masalah.
C.      Tujuan Pembelajaran  
1.     siswa dapat menemukan arti an melalui tayangan simulasi pertumbuhan bakteri
2.   Disajikan teks tentang zat yang disuntikkan ke dalam tubuh manusia, siswa dapat menyatakan makna bilangan berpangkat bulat negatif
3.   Siswa dapat menggunakan bilangan berpangkat untuk menyatakan operasi aljabar dalam kehidupan sehari-hari.

D.      Materi Pembelajaran 
1.       Tahap 1 Bilangan berpangkat  bulat positif
2.       Tahap 2 Bilangan berpangkat  bulat negatif, nol dan positif

E.      Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Saintifik
2.   Model Penemuan
F.       Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Pembelajaran
           1.    Media
Slide  Power Point:   ALKRIS -bilangan berpangkat AWAL
           2.    Alat dan bahan
Komputer, LCD
           3.    Sumber Pmbeelajaran
1.        Sinaga, Bornok, dkk.  2013. Matematika. SMA/MA, SMK/MAK Kelas VII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Politeknik Negeri Media Kreatif.
2.        Bahan Kegiatan Buatan Guru: Lampirab 1, 2, dan3

G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran      

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.   Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3.   Guru menyampaikan kegiatan yang perlu dilakukan pada pertemuan tersebut
4.   Guru memberikan gambaran perlunya kompetensi mempelajari eksponen dan logaritma



Kegiatan Inti (100 menit)

Tahap 1: Bilangan berpangkat bulat positif

1.     Siswa mencermati tayangan Power Point file: ALKRIS -bilangan berpangkat AWAL . Proses pertumbuhan bakteri yang digambarkan digambarkan dengan simulasi dari slide (slide 1-3)
2.       Membaca bentuk aljabar dan hasil operasi aljabar dari  eksponen  (Slide; sample terlampir),
3.       Dari mengamati slide, dalam kelompok, peserta didik menanya tentang hubungan antara waktu dan banyaknya bakteri dan menanya tentang notasi-notasi yang berbeda dari bilangan yang sama, peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen. (Jika peserta didik tidak muncul pertnyaan, guru bertanya: Jika Anda membuat sendiri kembali rangkaian kejadian dari sejak pertama danya bakteri, pertanyaan apa yang muncul ketika Anda menggambarnya?)
4.       Kemudian peserta didik menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan (bilangan dan banyak bakteri) sehingga dapat menduga-duga sementara (conjectur)  mengenai banyak bakteri dalam selang waktu tertentu kaitannya dengan waktu, dibawa le pengertian dan aturan dari penulisan eksponen   
5.       Dengan mengasosiasi bilangan-bilangan yang muncul pada slide kaitannya dengan selang waktu peroide pembelahan bakteri, disimpulkan arti notasi eksponen hubungannya dengan perkalian berganda, sehingga peserta didik menemukan arti an.
6.       Dengan bantuan melengkapi tiga baris pertama tampilan Slide 5, siswa dapat menyatakan definisi an.
7.       Untuk menguatkan pemahaman tentang definisi an siswa dalam kelompok ditugasi
a.      Membandingkan kesamaan dan perbedaan utama simulasi pada slide dengan Masalah 1.2 Buku Siswa halaman 5
b.     Mendiskusikan syarat-syarat dipenuhinya definisi
c.      Mengerjakan Tugas yang disusun guru terlampir pada Lampiran 1

8.     Secara bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi

 Tahap 2: Bilangan berpangkat nol dan bulat negatif
9.     Peserta didik mencermati Masalah-1.3 dari Buku Siswa Kelas X halaman 6, melengkapi tabel pada halaman 6 dan mencermati bilangan-bilangan yang dihasilkannya serta membandingkan hasil kelengkapan pada tabel dari halaman 6 tersebut dengan grafiknya  pada halaman 7
10.  Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan perilaku grafik ketika x menuju -µ dan ketika x menuju µ; apakah grafik itu sampai berpotongan dengan sumbu X atau bagaimana.
11.  Untuk menguatkan konsep peserta didik, diminta peserta didik dalam kelompok melengkapi tabel di bawah grafik pada halaman 7, (tugas pada Latihan 1.1  halaman 7)
12.  Dengan mengaitkan pemahaman pembelajaran dari Tahap 1, Peserta didik mencermati makna Defenisi 1. 2 dan 1.3 (Buku Siswa halaman 8)
13.  Untuk lebih memahami Definisi 1.2 dan 1.3 siswa ditugasi;
a.      menyelesaikan (sendiri) Contoh 1.1 dan membandingkannya dengan jawaban yang telah tersedia
b.     Mengerjakan Tugas 2 buatan guru (terlampir)

14.  Secara bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi

Kegiatan Penutup (10 menit)
1.       Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai
a.      Definisi dan makna bilangan berpangkat bulat positif dan notasinya
b.     Definisi dan makna bilangan berpangkat nol dan bulat negatif serta notasinya
2.        Guru menutup pelajaran dengan doa bersama
H.      Penilaian
  Soal
1.        Jika dinyatakan dalam bentuk biasa, berapakah jumlah semua bilangan satuannya,  dari bilangan-bilangan 31, 32, 33, 34, … 3400?
2.        Hitunglah 2-1 + 2-2 +2-3 +2-4 +2-5 +2-6 + … + 2-12 
3.        Bentuk baku dari suatu bilangan merupakan salah cara menyatakan besarnya suatu bilangan (biasanya digunakan untuk bilangan yang (sangat) besar atau (sangat) kecil) dalam bentuk a ´ 10n,  dengan 1 £ a < 10, n Î B, B himpunan bilangan bulat, misalnya 6725 = 6,7 ´ 103 (pembulatan ke satu angka penting) dan 0,00076532 = 7,76 ´ 10-4 (pembulatan ke dua angka penting) 
Nyatakan dalam bentuk baku besaran berikut:
(i)      Massa bumi = 60.000.000.000.000.000.000.000.000.gram
(ii)    Massa bulan = 735.000.000.000.000.000.000.000 gram   
(iii)  Massa sebuah atom Oksigen = 0,0000000000000000000000265 gram

4.        1 eV adalah energi kinetik sebuah elektron ketika elektron itu berakselerasi dalam medan magnet dengan menimbulkan beda potensial 1 Volt. 1 eV= 1,60 ´ 10-19 Joule.
Berapa Joule ekuivalen dengan 8 juta eV (elektron Volt)? Nyatakan dalam bentuk baku.
5.        Andi menabung sebesar Rp 1.000.000,00 di suatu Bank yang memberikan bunga majemuk (se lama menabung bunganya tidak diambil) sebesar 0,8% per bulan. Dari penabungan itu perhitungan tabungan pada akhir bulan ke n adalah
Mn = M0 ´ (1 + p)n.
dengan M0 besarnya tabungan awal, Mn besar tabungan pada akhir bulan ke-n dan p besarnya persentase bunga,
a.      Hitunglah hasil seluruhnya tabungan Andi setelah 1 tahun.
b.     Berapa persen per tahun bunga di Bank tersebut?



Pedoman Penyekoran

No.
Soal
Jawab
skor maks
1.
Jika dinyatakan dalam bentuk biasa, berapakah jumlah semua bilangan satuannya,  dari bilangan-bilangan 31, 32, 33, 34, … 3400?
Bilangan satuannya berturut-turut 3,9,7,1,3,9,7,1,…
31, 32, 33, 34, … 3400 ada 400 bilangan, ada 3, 9, 7, 1 sebanyak 100 kali
Jumlah semua bilangan satuannya = 100 ´ (3 + 9 + 7 + 1) = 100 ´ 20 = 2000
5
2.
Hitunglah 2-1 + 2-2 +2-3 +2-4 +2-5 +2-6 + … + 2-12 
=
=
=
5
3.
Bentuk baku dari suatu bilangan merupakan salah cara menyatakan besarnya suatu bilangan (biasanya digunakan untuk bilangan yang (sangat) besar atau (sangat) kecil) dalam bentuk a ´ 10n,  dengan 1 £ a < 10, n Î B, B himpunan bilangan bulat, misalnya 6725 = 6,7 ´ 103 (pembulatan ke satu angka penting) dan 0,00076532 = 7,76 ´ 10-4 (pembulatan ke dua angka penting) 
Nyatakan dalam bentuk baku besaran berikut:
(i)      Massa bumi = 60.000.000.000.000.000.000.000.000.gram
(ii)    Massa bulan = 735.000.000.000.000.000.000.000 gram  
(iii)  Massa sebuah atom Oksigen = 0,0000000000000000000000265 gram
(i)         6,0.´ 1025.gram
(ii)       7,35 ´ 1023.gram
(iii)     2,65 ´ 10-23.gram
3
4
1 eV adalah energi kinetik sebuah elektron ketika elektron itu berakselerasi dalam medan magnet dengan menimbulkan beda potensial 1 Volt. 1 eV= 1,60 ´ 10-19 Joule.
Berapa Joule ekuivalen dengan 8 juta eV (elektron Volt)? Nyatakan dalam bentuk baku.
8.000.000 ´ 1,60 ´ 10-19 Joule
= 1.280.000
 
= 1,28 ´ 10-13
4
5
Andi menabung sebesar Rp 1.000.000,00 di suatu Bank yang memberikan bunga majemuk (se lama menabung bunganya tidak diambil) sebesar 0,8% per bulan. Dari penabungan itu perhitungan tabungan pada akhir bulan ke n adalah
Mn = M0 ´ (1 + p)n.
dengan M0 besarnya tabungan awal, Mn besar tabungan pada akhir bulan ke-n dan p besarnya persentase bunga,
a.    Hitunglah hasil seluruhnya tabungan Andi setelah 1 tahun.
b.   Berapa persen per tahun bunga di Bank tersebut?

a.     Rp 1.100338,69
b.     10% per tahun (pendekatan)

3


Jumlah skor maksimum
20

Perhitungan
Nilai =

Nilai
Kriteria
90 < AB £ 100
Amat Baik (AB)
80 < B £ 90
Baik (B)
70 < C £ 80
Cukup (C)
K £ 70
Kurang (K)







0 comments:

Post a Comment

Blogroll

loading...
 

Catatanku Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang